SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT UMUM PADA ANAK BERBASIS MOBILE
SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT UMUM PADA ANAK BERBASIS MOBILE
Ibna Marwan Pambudi
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Jl. Raya Ciledug, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12260
Telp. (021) 5853753, Fax. (021) 5866369
E-mail : Ibnamarwanpambudi@yahoo.com
ABSTRAK
Kemajuan teknologi pada bidang kesehatan seharusnya dapat dipergunakan untuk meminimalisir penyakit yang
berkembang di masyarakat. Oleh karena itu, keluarga sebagai masyarakat terkecil mesti cermat dalam penggunaan
teknologi untuk mengantisipasi terjadinya penyakit umum pada anak. Adapun permasalahannya ialah sangat
terbatasnya pengetahuan para ibu rumah tangga sehingga sikap ketergantungan terhadap dokter atau klinik untuk
menangani penyakit yang timbul secara umum pada anaknya. Sistem pakar perlu dibuat untuk memecahkan masalah
tersebut. Adapun teknik representasi pengetahuan yang digunakan pada sistem pakar ini adalah kaidah produksi
dan teknik pelacakan. Teknik pelacakan yang digunakan adalah teknik pelacakan ke depan (Forward Chaining),
dengan teknik penelusuran yang digunakan adalah Best First Search. Hasil yang didapat dari penguji adalah
membuat sistem pakar untuk mengidentifikasi penyakit umum pada anak berbasis mobile, dapat dijalankan serta
diakses secara mudah bagi para penggunanya dan meng-update secara otomatis aturan (rule) ketika dimasukkan
yang baru melalui aplikasi untuk admin. Selain itu juga terdapat pemberitahuan tentang pentingnya menyediakan
obat di rumah sebelum panyakit itu datang. Dengan adanya sistem pakar ini diharapkan dapat membantu para ibu
rumah tangga yang tidak mengerti gejala penyakit yang muncul maupun solusi untuk tindakan pada penyakit itu
sendiri. Sistem pakar ini juga dapat berguna untuk memberi informasi dan wawasan bagi yang membutuhkannya.
Kata kunci : Sistem Pakar, Untuk Mengidentifikasi Penyakit Umum Pada Anak Berbasis Mobile
1. PENDAHULUAN
Saat usia anak di bawah lima tahun, sistem
kekebalan tubuh mereka belum terbentuk secara
sempurna. Akibatnya, anak bisa mudah terserang
berbagai macam penyakit. Namun, tidak perlu terlalu
khawatir. Sebagian besar penyakit anak bukan
tergolong penyakit yang serius dan hanya
menimbulkan rasa tidak nyaman yang bersifat
sementara. Melihat kondisi seperti itu penulis
mencoba membuat sistem yang digunakan untuk
menunjang pelayanan kesehatan terhadap anak.
Karena petugas kesehatan memerlukan
pengetahuan mengenai penyakit yang dialami oleh
si anak agar mengetahui dengan pasti penyakit apa
yang diderita dan kemudian tindakan apa yang
harus segera dilakukan. Lebih jelas lagi penyakit
umum pada anak yang perlu diketahui gejala
sekaligus tindakan pertama apa yang perlu
dilakukan oleh seorah petugas kesehatan maupun
ibu rumah tangga. Karena bila terjadi salah
penanganan terhadap penyakit anak maka akan
berimbas kepada perkembangan tubuhnya dimasa
depan.
Masalah yang ada dan berkaitan langsung
dengan penyakit anak sehingga dibutuhkan sistem
pakar untuk mengidentifikasi penyakit umum pada
anak. Diantaranya biaya bagi masyarakat menengah
kebawah dirasa cukup mahal bila hanya ingin
mengkonsultasikan ke rumah sakit atau spesialis anak
untuk mengetahui penyakit umum yang dialami oleh
anak. Dan juga waktu yang terbatas bagi kalangan
menengah untuk mengkonsultasikan penyakit
anaknya ke spesialis anak.
Tujuan penulisan dari tugas akhir ini adalah
membuat aplikasi sistem pakar yang berbasis
mobile untuk mengidentifikasi penyakit umum
pada anak.
Diberikan batasan masalah untuk
mengidentifikasi penyakit umum pada anak berbasis
mobile yang dirancang khusus hanya untuk penyakit
umum pada anak. Yang dapat memberikan
kesimpulan kepada dokter untuk melakukan
diagnosa. Dengan telepon selular sebagai media yang
digunakan untuk implementasi.
Pembuatan sistem pakar untuk
mengidentifikasi penyakit umum pada anak
menggunakan waterfall model. Metode ini pertama
kali diperkenalkan Winston Royce tahun 1970.
Waterfall model adalah sebuah metode
pengembangan software yang bersifat sekuensial
dan terdiri dari lima tahap yang saling terkait dan
mempengaruhi. Yaitu, Requerement, Design,
Implementation, Intregation dan Maintenance
2. LANDASAN TEORI
2.1 .Konsep Dasar
Kecerdasan Tiruan
Artificial Intelligence /AI merupakan bagian
tengah atau inti dari ilmu komputer dan merupakan
salah satu ilmu dasar dari ilmu komputer yang harus
dipahami, bila kita ingin membuat perangkat lunak
dengan penerapan konsep Artificial Intelligence
dalam memecahkan persoalan yang ada di dunia ini,
sehingga keberadaannya mutlak harus ada. Karena
kecerdasan tiruan adalah ilmu yang berdasarkan
proses manusia berpikir, maka penelitian bagaimana
proses manusia berpikir adalah hal yang pokok.
Hasil akbar dari semua proses berpikir tersebut
disebut tujuan (goal). Berdasarkan fakta-fakta yang
ada keterangan diatas, maka komputer dapat
digunakan sebagai alat bantu dalam mengambil
keputusan.
2.2. Sistem Pakar
Menurut Siswanto (2005), sistem pakar atau
sistem berbasis pengetahuan adalah yang paling
banyak aplikasinya dalam membantu menyelesaikan
masalah-masalah dalam dunia nyata. Perangkat lunak
ini dapat sekali dijalankan oleh perangkat komputer
pribadi, sehingga untuk aplikasi kecerdasan tiruan ini
dapat dilakukan dengan mudah dan dengan biaya
yang relatif lebih murah.
Komputer yang berbasis sistem pakar adalah
program komputer yang mempunyai pengetahuan
yang berasal dari manusia yang berpengetahuan luas
dalam suatu domain tertentu, pengetahuan di sini
adalah pengetahuan manusia yang sangat minim
penyebarannya, mahal dan serta susah untuk di
dapatkannya.
2.3 Komponen Sistem pakar
Bila si pakar menemukan pengetahuan dan
aturan-aturan yang baru dari pengalaman bekerja.
Sebuah sistem pakar dapat berjalan karena adanya
komponen-komponen yang saling barhubungan.
Tidak adanya salah satu komponen akan
menyebabkan sistem pakar tidak dapat digunakan.
Menurut Siswanto (2005) komponen-komponen
sistem pakar tersebut adalah sebagai berikut:
1) Basis Pengetahuan (Knowledge Base),
Basis
pengetahuan merupakan representasi dari
pengetahuan (knowledge representation) dari seorang
pakar. Basis pengetahuan tersusun atas fakta yang berupa obyek dan aturan (rule). Daftar fakta-fakta
(facts list) berisikan hasil observasi dan sesuatu
kenyataan yang dibutuhkan selama pengolahan. Basis
pengetahuan ini adalah inti dari pemrograman sistem
pakar yang menyimpan informasi dan aturan-aturan
bagi sistem pakar.
2) Mesin Inferensi (Inference Engine)
yaitu Mesin
inferensi merupakan bagian sistem pakar yang
mengandung mekanisme fungsi berpikir dan pola
pola penalaran sistem yang digunakan oleh seorang
pakar. Mekanisme ini juga berguna untuk menguji
aturan dalam urutan tertentu untuk mencari yang
sesuai dengan kondisi awal atau yang sedang
berjalan. Kemudian diarahkan untuk mengendalikan
langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan
masalah.
Teknik Penelusuran (Searching)
a)Teknik Depth-First Search
Adalah teknik penelusuran data pada nodenode
secara vertical dan sudah terdefinisi, misalnya
kiri ke kanan, keuntungan pencarian dengan teknik
ini adalah bahwa penelurusan masalah dapat di gali
secara mendalam sampai di temukannya kapasitas
suatu solusi yang optimal. Kekurangan teknik
penelesuran ini adalah membutuhkan waktu yang
sangat lama untuk ruang lingkup masalah yang besar
b)Teknik Breadth-First Search
Adalah teknik penelusuran data pada semua
node dalam satu level atau salah satu tingkatan
sebelum ke level atau tingkatan di bawahnya.
Keuntungan pencarian daengan teknik ini adalah
sama dengan depth first search, hanya saja
penelusuran dengan tehnik ini mempunyai nilai
tambah, dimana semua node akan di cek secara
menyeluruh pada setiap tingkatan node. Kekurangan
teknik penelusuran ini terletak pada waktu yang
dibutuhkan yang sangat lama apabila solusi berada
dalam posisi node terakhir sehingga menjadi tidak
efisien.
c)Teknik Best-First Search
Adalah teknik penelusuran yang menggunakan
pengetahuan akan suatu masalah untuk melakukan
panduan pencarian ke arah node tempat dimana solusi
berada. Pencarian jenis ini dikenal juga sebagai
heuristic. Pendekatan yang dilakukan adalah mencari
solusi yang terbaik berdasarkan pengetahuan yang
dimiliki sehingga penelusuran dapat ditentukan harus
di mulai dari mana dan bagaimana menggunakan
proses terbaik untuk mencari solusi. Keuntungan jenis
pencarian ini adalah mengurangi beban komputasi
karena hanya solusi yang memberikan harapan saja
yang diuji dan akan berhenti apabila solusi sudah
mendekati yang terbaik. Ini merupakan model yang
menyerupai cara manusia mengambil solusi yang
dihasilkan merupakan solusi yang mutlak benar.
2.4 Java
Java menurut definisi dari Sun adalah nama
untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan
menjalankan perangkat lunak pada komputer
standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Java2
adalah generasi kedua dari Java platform (generasi
awalnya adalah Java Development Kit). Java berdiri
atas sebuah interpreter yang diberi nama Java Virtual
Machine (JVM). JVM inilah yangakan membaca
bytecode dalam file .class dari suatu program sebagai
representasi langsung program yang berisi bahasa
mesin. Oleh karena itu, bahasa Java disebut sebagai
bahasa pemrograman yang portable karena dapat
dijalankan pada berbagai sistem operasi, asalkan pada
sistem operasi tersebut terdapat JVM.
2.5 Personal Home Page (PHP)
PHP bermula saat Rasmus Lerdof membuat
sejumlah skrip Perl untuk membuat resumenya, yang
dapat mengamati siapa saja yang melihat daftar
riwayat hidupnya, yakni pada tahun 1994, skrip-skrip
ini selanjutnya dikemas menjadi tool yang di sebut
dengan “Personal Home Page”, paket inilah yang
menjadi cikal bakal dari PHP.
2.6 Database
Database yang digunakan dalam sistem pakar
ini adalah MYSQL, karena php dan mysql merupakan
kombinasi piranti (tools) yang banyak dan umum
digunakan dalam pembangunan dan pengembangan
situs web berbasis database dalam sajian
informasinya.
3. ANALISA MASALAH DAN RANCANGAN
SISTEM
3.1. Analisa Masalah
Faktor ketenangan dan kecerdasan orang tua
dalam menyikapi kondisi serta gejala yang timbul
pada anak dirasa cukup penting. Karena sebelum
ditangani secara medis orang tua lah yang berperan
sebagai spesialis anak. Dokter yang sesungguhnya
dikategorikan sebagai pihak kedua yang tau dan
paham akan penyakit yang dialami sang anak. Selain
itu keterbatasan tenaga ahli dan waktu sangat terbatas
yang ada pada klinik. Seperti yang kita tahu bersama
bahwa penyakit bisa menyerang dimana saja, tak
mengenal siapa orangnya dan kapanpun waktunya.
Pada pengembangan serta implementasi
keseluruhan ke dalam program, penulis menggunakan
sistem operasi Windows, bahasa pemrograman
JAVA, database MYSQL, tools JavaME Sun Java
(TM) Wireless Toolkit 2.5.1
3.2. Rancangan Sistem
Sistem pakar untuk mengidentifikasi penyakit
umum pada anak yang diusulkan ialah berbasis mobile agar dapat memudahkan penerimaan
informasi secara cepat dan dapat segera mengambil
tindakan terhadap penyakit yang muncul pada anak.
Sistem ini memiliki beberapa proses sebelum
mencapai sebuah keputusan yaitu proses pertanyaan
dan proses memilih jawaban yang disediakan.
Kecerdasan Buatan:
Artificial Intelligence /AI merupakan bagian
tengah atau inti dari ilmu komputer dan merupakan
salah satu ilmu dasar dari ilmu komputer yang harus
dipahami, bila kita ingin membuat perangkat lunak
dengan penerapan konsep Artificial Intelligence
dalam memecahkan persoalan yang ada di dunia ini,
sehingga keberadaannya mutlak harus ada. Karena
kecerdasan tiruan adalah ilmu yang berdasarkan
proses manusia berpikir, maka penelitian bagaimana
proses manusia berpikir adalah hal yang pokok.
Pendapat Tentang Jurnal Diatas:
Kami berpendapat karena masih sangat terbatas pengetahuan
para ibu rumah tangga tentang penyakit yang timbul secara umum pada anak, maka
sistem pakar perlu dibuat untuk memecahkan masalah tersebut. Karena sistem
pakar untuk mengidentifikasi penyakit umum pada anak berbasis mobile dapat
diakses secara mudah dan juga terdapat pemberitahuan tentang pentingnya
menyediakan obat di rumah sebelum penyakit itu datang. Diharapkan sistem pakar
dapat membantu para ibu rumah tangga yang tidak mengerti gejala penyakit yang
muncul dan solusi untuk tindakan pada penyakit itu sendiri dan bisa memberi
informasi dan wawasan bagi yang membutuhkannya.
Banyak anak yang mudah terserang penyakit, sebagian besar
penyakit anak bukan tergolong penyakit yang serius dan hanya menimbulkan rasa
tidak nyaman yang bersifat sementara. Masalah yang ada berkaitan langsung
dengan penyakit anak sehingga dibutuhkan sistem pakar untuk
mengidentifikasinya, dengan menggunakan sistem pakar para ibu rumah tangga
tidak perlu terlalu bergantung lagi pada dokter tentang penyakit yang timbul
pada anak karena para ibu rumah tangga telah terbantu dengan adanya sistem
pakar, oleh karena sistem pakar dapat memberi pengetahuan yang cukup untuk
bertindak saat timbulnya gejala peyakit pada anak.
Karena petugas kesehatan juga masih perlu lebih banyak
pengetahuan mengenai penyakit yang di alami oleh anak dan agar mengetahui
dengan pasti penyakit apa yang di derita oleh anak dan tindakan pertama apa
yang harus dilakukan, petugas kesehatan juga membutuhkan dengan adanya sistem
pakar untuk mengidentifikasi penyakit pada anak dan juga perlu diketahui juga
oleh petugas gejala sekaligus tindakan apa yang harus dilakukan oleh petugas
kesehatan. Karena jika terjadi kesalahan penanganan terhadap penyakit anak maka
akan berimbas kepada perkembangan tubuh anak dimasa depan.
Komentar
Posting Komentar